Posted by : cihuynutkid Thursday 9 May 2013

Gunung Daik, tempat yang disinyalir sebagai kediaman orang bunian



Cerita ini gue dapat dari seorang ibu ketika gue berkunjung ke tanah melayu Riau, dia bercerita tentang orang bunian ini. Awalnya gue bingung dengan wujud asli orang bunian ini, karena dari yang gue tau sebelum ini, orang bunian itu semacam mahluk halus yang menyeramkan. Tapi setelah gue mendengarkan cerita dari si ibu itu, ternyata berbeda dengan apa yang gue bayangkan.

Konon orang bunian ini ikut berbaur dengan masyarakat, biasanya mereka pergi kedaerah-daerah pasar atau tempat keramaian. Dan biasanya, mereka akan datang saat salah satu penduduk sedang mengadakan acara. Mereka meminjamkan alat-alat masak, kuningan bahkan emas. Tapi menurut kabar, kini orang bunian sudah enggan berbaur, karena barang-barang yang dipinjam penduduk banyak yang tidak dikembalikan. Hal yang unik dari orang bunian ini, mereka tinggal digunung, hutan atau tempat-tempat terpencil. Banyak pula yang berpendapat bahwa ruang waktu kita dan orang bunian itu berbeda. Ada cerita, konon bila seseorang dibawa/ diajak orang bunian ini main ketempatnya, maka ketika orang itu kembali seakan-akan orang yang diajak itu telah berpergian lama sekali, bahkan sampai bertahun-tahun, padahal orang itu hanya sebentar saja bermain ke tempat orang bunian itu.

Lebih lanjut, ketika gue coba bertanya pada si ibu tentang bagaimana rupa orang bunian itu, si ibu hanya memberikan beberapa ciri saja. Diantaranya, mereka tidak ada lekuk dibawah hidung seperti umumnya manusia normal, dan bentuk kakinya yang aneh. Menurut cerita yang berkembang, orang bunian ini banyak harta dan mereka sopan. Terkadang mereka mendatangi suatu perkampungan dan mengambil seorang warga kampung untuk dijadikan pasangan hidupnya.

Memang aneh cerita tentang orang bunian ini, tapi sampai sekarang masih banyak yang percaya kalo orang bunian itu benar-benar adanya. Khususnya buat warga di daerah Kepulauan Riau, orang bunian bukan hanya dongeng, tapi banyak dari mereka khususnya para tetua yang meyakini bahwa orang bunian itu memang ada. Khusus didaerah KepRi, orang bunian ini konon bertempat tinggal disekitar Gunung Daik yang bercabang tiga di daerah Lingga. Well, kira-kira gimana menurut kalian??

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

About

Menapaki tilas sejarah, seni, misteri, budaya, teknologi dan informasi umum

Total Pageviews

Recent Comments

Followers

- Copyright © bungpuyuh -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -