Posted by : cihuy Monday 5 December 2011

Siapa yang memilii pasukan elite pertama didunia? Waffen SS milik Nazi yang setia pada pemimpinnya? Bukan! SAS-nya Inggris yang dalam perang gerilya kalo boker kotorannya juga dibawa biar gak ketahuan musuh? Bukan! Densus 88 yang telah banyak main bom atau Kopassus yang mukanya dicoreng-coreng kalo mau perang milik Indonesia? Bukan! Atau GIGN milik Prancis? Bukan juga! Lalu siapa pemilik pasukan elite pertama didunia yang sekaligus berpengaruh terhadap pemerintahan?

Yerp,, mereka adalah Janissary, pasukan elite milik Kekaisaran Ottoman atau yang biasa kita sebut dengan Kesultanan Utsmani yang sekarang adalah Turki. Janissary sendiri berasal dari bahasa Turki yang artinya "Pasukan Baru". Pasukan ini terdiri dari anak-anak yang telah dididik sejak kecil yang berasal dari daerah yang telah ditaklukan oleh Kesultanan Utsmani, dan kebanyakan dari mereka adalah anak-anak Eropa yang di gembleng dan di muslimkan. Janissary ini merupakan tentara elite modern di jamannya, konon Janissary adalah tentara pertama yang menggunakan senapan. Kesetiaan dan pengaruh kekuatannya pun tidak bisa diremehkan, terbukti selama pengepungan beberapa bulan dalam menaklukan kota Konstantinopel yang sempat mengalami kesulitan, namun berhasil tatkala pasukan ini ditugaskan menyerang.


Kesultanan Utsmani bersama Janissary telah banyak melakukan penaklukan, yang terbesar tentu yang telah saya tulis diatas saat pasukan Janissary ikut serta dalam penyerangan ke Konstantinopel. Selain itu, pasukan ini pula yang sempat menumpas penguasa Wallachia Vlad Tepes si penyula yang kejam, uniknya adalah pemimpin pasukan Jenissary kala itu adalah adik Vlad sendiri, ini adalah bukti kesetiaan pasukan Janissary terhadap Kekaisaran Utsmani.

Namun seiring buruknya kepemimpinan Utsmani jauh sesudah Janissary berhasil memenangkan perang di Konstantinopel, maka semakin buruk pula kesetiaan pasukan ini terhadap Kesultanan. Saat-saat kehancuran ini adalah ketika banyak mengalami kekalahan dalam perang, dan pejabat-pejabat Kesultanan penuh dengan korupsi, dan puncaknya adalah saat pasukan Janissary ini mengkudeta Kesultanan dan membebaskan mesir.

Namun, meski Janissary kini hanya tinggal sejarah, tentunya ini adalah pencapaian yang sangat menakjubkan buat dunia militer. Terbukti dengan banyaknya pasukan-pasukan elite di jaman sekarang seperti yang saya sebutkan diawal tadi.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

About

Menapaki tilas sejarah, seni, misteri, budaya, teknologi dan informasi umum

Total Pageviews

Recent Comments

Followers

- Copyright © bungpuyuh -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -