Posted by : adinanda's home Thursday, 7 July 2011


Manananggal adalah makhluk dalam cerita rakyat Filipina yang mirip dengan vampir. Mitos manananggal populer di daerah Visayas, terutama di provinsi Capiz, Iloilo, Antique. Manananggal tidak menyukai garam dan bawang putih.[1] Manananggal juga menghindari belati, cuka, cahaya, rempah-rempah, dan ekor ikan pari (yang kadang-kadang dibuat menjadi cambuk).
Manananggal digambarkan sebagai wanita tua yang cantik, dan bisa memisahkan tubuh bagian atasnya. Tubuh itu kemudian terbang pada malam hari dengan sayap mirip kelelawar untuk berburu perempuan hamil yang sedang berada di rumah. Manananggal menggunakan lidah memanjang untuk mengisap jantung atau janin atau darah dari korban yang sedang tidur. Sementara tubuh bagian bawahnya dibiarkan berdiri dan merupakan titik lemahnya. Bila tubuh bagian bawah itu diberi garam atau bawang putih, maka kedua bagian itu tak akan bisa bergabung lagi, dan akhirnya mati saat fajar.
Orang-orang di daerah Visaya biasanya menggantung bawang putih di dekat pintu atau jendela untuk berjaga-jaga dari serangan manananggal.

sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Manananggal

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

About

Menapaki tilas sejarah, seni, misteri, budaya, teknologi dan informasi umum

Blog Archive

Total Pageviews

Recent Comments

Followers

- Copyright © bungpuyuh -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -